Pages

Wednesday, October 14, 2009

Chiptuner Indonesia

                                           


Dewasa ini, banyak sekali bermunculan chiptuner-chiptuner di blantika musik indie Indonesia, keberadaan mereka seperti angin segar bagi para penikmat musik di Indonesia yang merasa jenuh terhadap lagu-lagu yang memiliki genre yang serupa, seperti pop-melayu atau jazz, kini para chiptuner datang dengan musik mereka yang lain dan beda dari yang lain, tak pelak hal ini membuat para pecinta musik di Indonesia khususnya jalur indie, menjadikan musik chiptune sebagai alternatif dan idola baru. Para musisi chiptune di Indonesia membuat komunitas yang dapat mempermudah mereka untuk saling bertukar informasi dan mempermudah dalam mengadakan acara-acara music bertemakan chiptune atau 8bit.


2.4.1 Hello Stereo
Hello Stereo (HS) adalah project dari Rico Julian yang juga bermain di Bla Bla Blast. Hello Stereo dimulai pada tahun 2007 di Semarang, Hello Stereo bermaterikan satu orang saja, yaitu Rico saja. Rico membuat lagu chiptunenya dengan menggunakan LSDJ dan gameboy klasiknya. Hello Stereo memiliki fans yang sangat banyak dan berada di berbagai kota.
2.4.2 Pickney
Pickney adalah salah satu pendiri Indonesia chiptune dan chiptuner asal Jakarta ini juga ikut meramaikan pesta mikro 2 yang merupakan even terbesar chiptune di Indonesia pada tahun 2008.
2.4.3 Turbo Blip
Adalah project 8bit yang dibuat oleh Ricky Volta. Chiptuner asal Bogor ini menciptakan lagu-lagu yang bertemakan social dan keadaan masyarakat di Indonesia. Dengan menggunakan LSDJ, Turbo Blip menciptakan lagu 8bit yang sangat menginspirasi para chiptuner kota hujan sehingga chiptuner di kota Bogor sangat menjamur bak jamur di musim hujan. Ricky Volta dan Turbo Blipnya turut meramaikan pesta mikro 2.
2.4.4 Local Drug Store
Local Drug Store adalah project lintas kota yaitu Bandung-Jakarta, Local Drug Store terinspirasi oleh Mario bross dalam pembuatan lagu. Local Drug Store juga bermain di pesta mikro 1.
2.4.5 Godard
Gameboy console 8-bit handheld computer, commodore 64, atari2600 & dietetic device adalah peralatan yang digunakan oleh Godard untuk menciptakan lagu-lagu yang membius pendengarnya. Godard juga meramaikan pesta mikro 1.

2.4.6 Cacat Nada
Band asal Jogjakarta ini memiiki ribuan penggemar yang tergabung dalam komunitas yang bernama CNUT (Cacat Nada Untuk Teman) yang tersebar di Jogjakarta, Bandung, dan Jakarta, maka tak heran jika Cacat Nada beraksi, maka ribuan penggemarnya akan menyemut. Dengan formasi 3 orang, sekilas Cacat Nada sangat mirip dengan YMCK, band 8bit asal Jepang yang merupakan pelopor 8bit modern.
2.4.7 JW86
Band asal Jakarta ini sudah aktif bermain chiptune sejak tahun 2006, JW86 adalah salah satu pengisi acara di pesta mikro 1.
2.4.8 Stand by Emulator
Memulai karier sebagai chiptune pada akhir tahun 2008, bermaterikan 2 orang, Stand by Emulator mentahbiskan mereka sebagai duo. Band asal Kota Kembang ini sudah memiliki banyak massa walaupun hanya dalam Kota Bandung saja.
2.4.9 Lovely New Guy
Project ini adalah project solo dari Afiandi Dadan yang berasal dari Kota Bogor, dengan menggunakan LSDJ, Lovely New Guy membuat lagu yang bertemakan problematika sosial.

No comments:

Post a Comment